11/07/2016

Penguasa Industri Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Penguasa Industri PC dan Smartphone, Apple

Perusahaan yang didirikan pada 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne ini memiliki nilai Kapitalisasi yang fantastis, mencapai 586 Milliar US Dollar, atau setara dengan 7618 Trilliun Rupiah. Nilai ini nyaris 4x lipat dari pesaing terdekat mereka di industri yang sama, samsung, yang ‘Cuma’ memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar 161 milyar US Dollar. Tahta mereka semakin kokoh jika kita melihat pada nilai merek mereka yang kini dihargai 154,1 milyar US dollar atau setara dengan 2rb trilliun Rupiah. Angka ini membuat Apple sebagai merek paling bernilai di Dunia.

Penguasa Industri Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa Fakta Tentang Apple
Apple pernah menjual 340.000 iphone dalam sehari pada tahun 2012!
Apple mempunyai 115rb pegawai di seluruh dunia!
Apple adalah perusahaan dengan aset dan nilai terbesar di dunia!
Apple punya 475 toko resmi di 17 negara di dunia!
Pada setiap iphone yang kamu beli terkandung 0,0012 ons emas, 0,012 ons perak, 0,000012 platinum!


Penguasa Industri Internet, Google

Merek dagang Google yang dibesut oleh Larry Page ini sudah dihargai lebih dari 82,5 Milyar US Dollar atau setara dengan seribu Trilliun Rupiah. Perusahaan yang pertama kali didirikan pada 1998 ini mendapatkan 20 Milyar US dollar pertahun, hanya dari iklan saja. Hingga saat ini belum ada pesaing terdekat yang mampu mengoyahkan singgasana google di industri dunia maya. Hampir setiap orang menggunakan google sebagai pencarian data di internet, saking banyaknya, bisa mencapai 2jt pencarian dituntaskan google setiap menitnya

Penguasa Industri Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa Fakta Tentang Google
Dulunya google bernama Backrub
14% dari pegawai google gak lulus kuliah
kalau ada pegawai google yang meninggal, istrinya mendapatkan 1/2 gajinya selama 10 tahun, dan anaknya diberi seribu USD/bulan hingga berumur 19 tahun
Ceo Youtube, Susan Wojcicki adalah orang yang menyewakan garasinya kepada larry page saat awal2 membangun google


Penguasa Software, Microsoft

Perusahaan yang didirikan oleh orang terkaya di dunia, Bill Gates ini dikenal karena operating system buatan mereka yang mendunia, Windows. Hampir 90% pasar OS PC dunia dikuasai oleh windows. Windows digunakan Lebih dari 1,36 milyar pengguna di seluruh dunia. Microsoft saat ini memiliki nilai kapitalisasi sebesar 407 milyar US dollar atau 5291 Trilliun Rupiah. Nilai merek dagang merekapun berharga 75,2 milyar US dollar.

Penguasa Industri Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa Fakta tentang Microsoft
Microsoft memegang lebih dari 48.000 hak patent
Microsoft beberapa kali menolong Apple dari kebangkrutan, salah satunya pada tahun 1997


Penguasa Industri Minuman, Coca-Cola

Perusahaan yang sangat menggurita di industri minuman ini memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar 192,8 Milyar US Dollar atau setara dengan 2500 Trilliun Rupiah, bandingkan dengan pesaing terdekat mereka PepsiCo yang ‘hanya’ membukukan nilai kapitalisasi sebesar 147 Milyar US Dollar. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1892 oleh Asa Griggs Candler dan John Pemberton. Saat ini nilai merek Coca-cola sudah menyentuh angka 58,5 Milyar US Dollar, menjadikan mereka sebagai merek dagang termahal no 4 di dunia. Sebuah penelitian menyatakan lebih dari 10.000 produk minuman Coca-cola dikonsumsi setiap harinya!

Penguasa Industri Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa Fakta tentang Coca-Cola
Sekitar 3,1% Minuman yang dipasarkan di dunia adalah produk CocaCola
Produk CocaCola pertama mengandung Kokain
CocaCola adalah perusahaan paling boros urusan ngiklan gan!


Penguasa Media Sosial, Facebook

Perusahaan media sosial terbesar di dunia ini memiliki nilai kapitalisasi pasar, 314,8 Milyar Dollar yang setara dengan 4rb trilliun rupiah. Saat ini, merek Perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini bernilai lebih dari 52 Milyar Dolar. Perusahaan yang didirikan pada 2004 ini memiliki lebih dari 1,79 milyar pengguna aktif di seluruh dunia. Facebook juga memiliki instagram, dimana lebih dari 300jt foto diupload setiap harinya!

Penguasa Industri Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa fakta tentang Facebook
Rata-rata orang menghabiskan 40 menit didepan facebook
Pengguna smartphone rata-rata2 menengok facebook 14x sehari
kenapa facebook warnanya cuma biru aja? karena mark zuckerberg buta warna!


Penguasa Industri Otomotif, Toyota

Perusahaan asal jepang ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar 177 milyar US dollar atau 2300 trilliun rupiah. Toyota unggul jauh dari pesaing terdekat mereka, Volskawagen Group yang hanya memilki nilai kapitalisasi pasar tak sampai separuhnya, 73 milyar US Dollar. Perusahaan Toyota kini sudah bernilai lebih dari 42 milyar US dollar. Sebuah penelitian menyatakan bahwa 80% mobil yang djual toyota dalam 20 tahun terakhir masih dipakai hingga saat ini! 

Penguasa Industri Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa fakta tentang Toyota
Nama asli perusahaan ini sebenernya adalah Toyoda, mengacu pada nama pendirinya Kiichiro Toyoda
Toyota memegang hak patent terbanyak di dunia!


Penguasa Industri Hiburan, Disney

Perusahaan yang didirikan oleh Roy dan Walter Disney ini memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar 169,3 milyar US dollar atau setara dengan 2200 Trilliun Rupiah. Merek perusahaan yang dibangun pada 1923 ini kini dihargai lebih dari 39,5 milyar US Dollar. Disney mengukuhkan dominasi mereka di dunia hiburan dengan membeli Marvel Studio pada tahun 2009. Disney juga menguasai 80% saham salah satu media televisi terbesar di dunia, ESPN.

Penguasa Industri Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Penguasa Industri Restoran, Mc Donald 

Perusahaan yang biasa dikenal dengan sebutan McD ini memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar 110 Milyar US Dollar atau 1430 Triliun Rupiah. Merek dagang mereka pun bernilai lebih dari 39 Milyar US Dollar. Restoran ini menyajikan makanan ke lebih dari 68 juta pelanggan setiap harinya. Mereka menghasilkan paling tidak 75 juta US Dollar per harinya!

Penguasa Industri Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Penguasa Ecommerce, Amazon.com

Perusahaan yang didirikan pertama kali pada tahun 1994 ini memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar 292 Milyar Dollar atau setara dengan 3,800 trilliun Rupiah. Perusahaan yang dirintis Jeff Bezoz ini kini bernilai lebih dari 35,2 Milyar US Dollar. Sebuah survey menyatakan bahwa 10% pasar ecommerce di amerika serikat dikuasai amazon, dan sisanya 90% diperebutkan seribu perusahaan lebih diantaranya apple, walmart dan lain-lain. 

Penguasa Industri Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa fakta tentang Amazon.com
Dulunya situs mereka hanya direncanakan untuk jualan buku saja
Amazon.com punya pegawai lebih dari 230.800 orang
Dari segi nilai asetnya, Amazon.com lebih besar 10x lipat dari Alibaba.com

Sumber : Kaskus


EmoticonEmoticon