11/21/2016

Jasa "Pribumi" Yang Terbuang Dari Negri Kepala Singa

Barusan baca berita basi yg menolak mati. Cina merebut Singapore dari pribumi.

Jasa "Pribumi" Yang Terbuang Dari Negri Kepala Singa

"Pribumi" itu siapa?
Apakah kerajaan Sriwijaya? Awal yg tercatat dalam sejarah, Singapore adalah bagian dari Sriwijaya. 

Apakah keturunan Sriwijaya yang di sebut "pribumi"?
Semenjak Sriwijaya terjun bebas dan secara perlahan d kunyah Majapahit, Singapore sempat terjebak dalam perebutan antara Majapahit dan Siam (Thailand). Saat itu, Parameswara adalah penguasa Singapore. 

Diakah si "pribumi"?
Dalam salah satu pertempuran, Majapahit memenangkan Singapore dan Parameswara tersingkir. Mendirikan kesultanan Malaka. Masih pribumi kah Parameswara d Singapore atau sudah Majapahit yg jadi "pribumi"?

Thailand sempat menguasai Singapore pada awal abad ke 15. Merekakah "pribumi"nya? Lalu bagaimana nasib Majapahit? Ga "pribumi" lagi?

Semua masa gembira para "pribumi" Singapore cuma bertahan sampai tahun 1511 ketika Portuguese merebut Singapore dari kesultanan Malaka. Aku ga akan bilang Portuguese sebagai "pribumi" Singapore, krn pada tahun 1587 Portuguese menghancurkan pemukiman d Singapore.

Singapore menghilang dari buku sejarah selama 2 abad semenjak Portuguese. Siapakah "pribumi" Singapore saat ini? Sepertinya "pribumi" Singapore pada abad ke 16 dan 17 berbulu lebat dan betah tinggal d hutan.

FYI, Singapore pada masa pendudukan Portuguese menjadi perebutan Dutch dan British juga loh. Rame kan?

Sepanjang abad ke 16 s/d 19, semenanjung Melayu perlahan2 di kuasai kekuatan Eropa. Heran? Jangan heran lah. Kita aja sempet cukup lama di jajah "perusahaan" VOC sebelum akhirnya dapat merasakan nikmatnya d jajah sebuah negara.

Sepanjang masa ini, Singapore masih jadi sampah. Belum ada pelabuhan di Singapore setelah d acak2 Portuguese. Sampai pada thn 1818 ketika British menunjuk Stamford Raffles sbagai gubernur.
Saat berada d tangan British, Singapore berkembang pesat sebagai pelabuhan alternative British d hadapan dominasi dagang Dutch. Semenjak Raffles menginjakkan kaki d Singapore pada tahun 1819 sampai 1869, penduduk Singapore melonjak dari 1.000 org ke 100.000 org. Banyak d antaranya kuli china dan india yg d pekerjakan koloni British.

Saat itu sudah tidak jelas siapa "pribumi" Singapore. Keturunan melayu sudah menjadi minoritas pada masa colonial British.

Ketika itu, seperti yg kita ketahui bersama, Singapore tumbuh menjadi kekuatan dagang yg d perhitungkan dunia.

D bawah Lee Kuan Yee, Singapore berniat berasimilasi dengan Malaysia. Sebuah negara yg baru d dirikan oleh persatuan Serawak dan Borneo utara. Baik pihak Malaysia maupun Singapore sebetulnya saling membutuhkan. Singapore sebuah negara kecil, butuh perlindungan, sedangkan Malaysia membutuhkan uang untuk pembangunan Sabah dan Sarawak.

Tapi ketegangan muncul, sbagai akibat dari artikel paling keren di Malaysia. Artikel 153 konstitusi Malaysia. Artikel ini menjamin diskriminasi berupa kemudahan bagi keturunan melayu, termasuk di Singapore, sebuah negara d mana melayu minoritas (saat itu) yg baru saja bergabung secara sukarela.
Akhirnya, krn kekerasan racial terus menerus terjadi, PM Malaysia, Tunku Abdul Rahman memutuskan untuk menyepak Singapore dari Malaysia pada tanggal 9 Agustus 1965. Sebanyak 126 suara dari 126 anggota parlemen Malaysia secara aklamasi memutuskan untuk mengeluarkan Singapore dari Malaysia.

Jadi pertanyaannya, siapa "pribumi"? Mungkin yg d maksud disini adalah melayu. Kulit sawo matang mata belo.

Lalu siapa yg merebut Singapore? Apakah Majapahit? Apakah Siam? Apakah Portuguese? Apakah British? Atau apakah Chinese?

Yg pasti, sejarah mencatat 126 suara dari 126 org anggota parlemen Malaysia setuju mengeluarkan Singapore dari Malaysia.

Jadi CINA TAK PERNAH REBUT SINGAPORE DARI PRIBUMI!! Yang "berjasa" singkirkan pribumi dari Singapore adalah PORTUGUESE!!! Dan yg berjasa mengembalikan kekuatan dagang Singapore adalah BRITISH!!! Dan yg membuang Singapore dari genggaman pribumi adalah MALAYSIA!!!

Ternyata hanya 2 hal yg abadi di dunia. Perubahan dan hoax.
(kwek)

Trivia :
Satu fakta unik yg harus d ketahui. Catatan tulisan tertua tentang Singapore muncul dalam abad k 3 dengan nama Pu Luo Chung (蒲 罗 中). Yg d terjemahkan dalam bahasa melayu sebagai "Pulau Ujong" (pulau ujung). Jauh sebelum Singapore d sebut Temasek yg berarti Kota Laut dalam bahasa jawa kuno.

Source :
Hanya sbagian kecil yg aku tuliskan d sini krn kepanjangan kalau source nya d cantumkan semua

Sumber : www.facebook.com/ABhumiBlog


EmoticonEmoticon